Saturday, November 7, 2009

Aloy98

Aloy98 adalah nama angkatanku di SMA St. Aloysius, Bandung. Dinamakan begitu karena kami lulus SMA pada tahun 1998. Kadang kami menyebut diri kami angkatan 1998. Penggunaan nama "aloy" disebabkan pada tahun 90-an, kami lebih merasa asyik dengan nama itu. Angkatan 80-an dan yang lebih tua lebih senang menggunakan nama "TOP", misalnya TOP84, TOP82, dll. Angkatan kami merasa bahwa nama TOP terlalu "gimana gitu" atau "lebay" kata anak jaman sekarang tahun 2000-an akhir.

Pada tahun 1998, sebetulnya SMA dinamakan SMU. Waktu itu, kami mengalami kurikulum 1994 saat masuk SMA eh SMU di tahun 1995. Sebelumnya, kami bahagia dengan kurikulum 1984, yang lebih manusiawi.

Juli 1997, terdapat dua bencana, yaitu awal dari sepatu seragam di sekolah kami dan krisis moneter di Asia Tenggara. Oke, kami menyebut sepatu tersebut dengan nama "sepatu gaul". Sepatu gaul ini membuat bencana bagi mereka yang terlibat Panitia Buku (dan sepatu). Kami, pelajar yang menjadi anggota PanBuk tidak bisa menerima uang banyak karena sepatu ini. Krisis moneter 1997 mengakibatkan tahun 1998 menjadi tahun yang memberikan perubahan besar bagi Indonesia. Banyak darah tertumpah dan orang hilang. Kawan-kawan aloy98 yang mayoritas berdarah "Cina" was-was kalau pergi dan pulang sekolah. Tapi syukurlah semuanya aman-aman saja bagi kami. Krisis ini pula yang menyebabkan angkatan kami tidak pergi ke Bali.

Angkatan kami setelah lulus SMA eh SMU mengisi banyak bangku kuliah di perguruan tinggi di Indonesia. Kami sedikit kecipratan semangat kakak-kakak kami yang ikut demo mahasiswa 98. Tapi kami masuk kampus perguruan tinggi yang terpecah-pecah dalam politik aliran, paska 1998. Selain itu, biaya kuliah mulai meningkat semenjak angkatan kami masuk kuliah. Karena itu, angkatan kami dan yang lebih muda kehilangan gairah untuk ikut kegiatan kemahasiswaan kampus.


Aloy98 punya milis di Yahoogroups:
http://groups.yahoo.com/group/aloy98/

OK, milisnya sepi. Moderatornya (dan banyak anggota) udah ganti email. Lalu semuanya sudah berpencar ke penjuru dunia. Plus pembelian egroups oleh yahoo (yang melahirkan Yahoogroups) membuat moderator kesulitan mengakses milis.

Pengganti milis adalah social networking website:

Pertama, friendster Aloy98:
http://profiles.friendster.com/9679774

Kemudian, Facebook Aloy98:
http://www.facebook.com/group.php?gid=61622428416

Tapi setelah reuni, tidak ada perkembangan baru di Facebook.

Kami sekarang sudah sibuk dengan karir masing-masing. Well, saya masih pengangguran. Sebagian sudah berkeluarga. Sebagian jomblo, kaya saya. Sebagian tinggal di luar Indonesia, seperti aku. Sebagian lain, berada dan berkarya di tanah air.

Semoga saja, ada kawan aloy98 yang bisa membantuku keluar dari jurang pengangguran ini. Misalnya bisnis bareng. Dan juga membebaskanku dari kejombloan dengan mengenalkanku kepada adik perempuan atau kenalan yang perempuan.

Suatu hari akan ada reuni yang bisa mempertemukan kita lagi. Sebagian datang dan sebagian lagi mungkin sulit datang. Semoga aku bisa bertemu kembali dengan mereka yang dekat di hatiku.

No comments: